Berikut Ini Profesi Bergaji Tinggi di Indonesia

Setiap orang dibekali dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Keahlian dan kemampuan ini disebut sebagai sebuah keprofesian seseorang.

Profesi-profesi dalam bidang pekerjaan kadang menjadi sebuah profesi dambaan seseorang bisa dikatakan menjadi sebuah profesi impian.

Kenapa? Yaa....karena mereka mengukur biasanya dengan faktor penghasilan yang didapatkan dari profesi tersebut. Namun bagi sobat blogger yang tidak memiliki profesi yang masuk dalam golongan berpenghasilan tinggi, sobat tidak perlu berkecil hati karena segala sesuatu tidak harus diukur dengan nilai uang.

So...disini saya akan menuliskan beberapa jenis profesi yang mampu mendapatkan penghasilan tinggi. Dari beberapa kutipan sumber salah satunya dikutip dari artikel imoney dan beberapa artikel pendukung lainnya, maka saya merangkumnya dalam postingan berikut ini:

Silahkan sobat simak sendiri, jika jenis profesi yang sobat blogger jalani tidak termasuk disini, saya mohon maaf dan sobat bisa menambahkannya.

1.  PILOT 

Menjadi seorang pilot tidaklah mudah, seseorang yang ingin menjadi pilot dia harus menjalani serangkaian pendidikan kedirgantaraan yang tidaklah mudah. Dituntut ketekunan, kedisiplinan dan tentunya kecapakapan pribadi.

Untuk mengenyam pendidikan sebagai seorang pilot dibutuhkan biaya yang tinggi dan jam terbang yang tinggi sehingga inilah yang membuat seorang pilot mendapatkan gaji yang tinggi.

Salah satu maskapai terkemuka di Indonesia mendapatkan gaji rata-rata Rp 40 Juta s.d 50 Juta per bulan. Bahkan maskapai penerbangan milik pemerintah yakni Garuda Indonesia membayar jasa pilotnya sebesar Rp 60 Juta per bulan.

Disamping maskapai komersial, Pelita Air Service sebuah perusahaan yang melayani jasa carteran pesawat dan helicopter memberikan gaji pada pilotnya kurang lebih Rp 25 s.d Rp 30 Juta per bulan.

2.  ARTIS DAN PENYANYI

Menjadi artis dan penyanyi adalah suatu profesi yang sangat didambakan oleh banyak orang. Banyak ajang pencarian bakat dalam bidang profesi keartisan yang selalu membludak dibanjiri para pemimpi profesi artis.

Kenapa mereka mengejar profesi ini? Bayangkan saja jika mereka menjadi seorang penyanyi terkenal penghasilan mereka sekali pentas saja bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Belum jika mereka dikontrak untuk menjadi bintang iklan...woww...penghasilan mereka bisa mencapai milyaran.

Inilah yang menjadi dambaan banyak orang untuk berlomba-lomba menjadi artis. Apakah sobat berminat untuk menjadi artis?

3.  AHLI TEKNIK PERMINYAKAN

Ahli teknik perminyakan ini merupakan sebuah keahlian yang langka, maka tidak segan-segan perusahaan perminyakan berani menggaji tinggi seorang ahli perminyakan.

Bahkan, seorang ahli perminyakan muda atau baru lulus kuliah saja mereka diiming-imingi gaji yang tinggi sekitar Rp 15 Juta s.d Rp 20 Juta per bulan.

Ini baru ahli muda, untuk ahli menengah dan senior rata-rata penghasilan mereka berkisar antara Rp 30 Juta s.d Rp 60 Juta per bulan. Gaji di Indonesia sendiri sebenarnya masih dibilang kecil jika di bandingkan dengan ahli perminyakan di Malaysia. Seorang ahli perminyakan di sana bisa di gaji bisa mencapai angka setengah miliar per bulan.

4.  DOKTER SPESIALIS

Seorang dokter spesialis merupakan profesi kekhususan seorang dokter yang memiliki keahlian secara spesifik di bidang tertentu. Untuk menjadi seorang dokter spesialis, mereka harus menempuh pendidikan sepsialisasi yang tidak mudah dan tentunya biaya yang juga mahal.

Namun, biaya dan pendidikan yang mahal akan terbayarkan saat mereka nanti benar-benar terjun menjadi seorang dokter spesialis.

Seorang dokter spesialis bisa mendapatkan penghasilan kurang lebihnya sekitar Rp 50 Juta untuk rumah sakit swasta. Ini masih perkiraan kasar saja, bahkan untuk spesialis tertentu misalkan jantung, otak, paru-paru sekali operasi saja seorang dokter spesialis bisa mendapatkan tambahan penghasilan kisaran Rp 10 Juta s.d Rp 30 Juta per penanganan operasi.

Wowww... luar biasa bukan, silahkan sobat blogger yang berkeinginan untuk menjadi seorang dokter spesialis. Jangan melihat besarnya penghasilan yang didapatkan tapi lebih dari itu, tanggung jawab kemanusiaan yang harus dikedepankan.

5.  AHLI PERTAMBANGAN

Profesi ini sebenarnya hampir sama dengan ahli perminyakan tapi untuk ahli pertambangan memiliki spesifikasi tersendiri untuk takaran jenis keprofesiannya.

Jika untuk takaran penghasilan bisa dikatakan sedikit berada dibawah ahli perminyakan. Seorang ahli geologi muda atau fresh graduate bisa mendapatkan penghasilan dalam sebulan kurang lebih berkisar Rp 10 Juta s.d Rp 15 Juta. Sementara untuk level menengah dan senior rata-rata berkisar Rp 30 juta per bulan. Ini hanya perkiraan rata-rata saja, untuk jumlah besar dan kecilnya tergantung dari kekuatan financial perusahaan.

6.  HUMAN RESOURCES MANAGER

Besar gaji seorang manager HRD \bisa dikatakan terbilang tinggi. Namun, perlu digaris bawahi bahwa perusahaan-perusahaan bonafit yang mampu menggaji besar.

Menurut data dari job-like besar penghasilan seorang manager HRD bisa mencapai kisaran lebih dari Rp 50 Juta per bulan. Gaji seorang manager perusahaan Kalbe Farma saja sekitar Rp 32 Juta per bulan. Bahwa perusahaan bonafit Indofood mempunyai penghasilan Rp 55 Juta. 

Dan tentunya, jumlah penghasilan yang mereka terima sebesar itu, beban pekerjaan yang diembannya pun juga tentunya besar.

7.  AHLI KONSTRUKSI BANGUNAN

Perkembangan investasi di bidang infrastruktur saat ini berkembang pesat. Apalagi perkembangan dan pembangunan di sekitaran kota-kota besar yang cukup menjanjikan.

Tentunya dengan perkembangan investasi bidang infrastruktur ini menjadi lahan yang menggiurkan bagi perusahaan pengembangan infrastruktur. Perusahaan ini berani menggaji seorang project manager sebesar kurang lebih Rp 30 Juta - Rp 60 Juta per bulannya.

Dan... tentunya gaji sebesar itu tidak lepas juga dari beban tanggung jawabnya. Ia mengurusi sebuah project infrastruktur yang tentunya tidak cukup ringan.

8.  CHIEF EXECUTIVE OFFICER

Chief Executive Officer atau CEO ini adalah sebuah jabatan tertinggi di dunia korporasi. Dan seseorang yang bisa menempati posisi ini juga tidak sembarangan, ia harus menunjukkan kinerja yang sangat baik dan pemilihannya biasanya ditentukan dalam sebuah rapat direksi.

Rata-rata pemangku jabatan CEO mendapatkan penghasilan atau gaji sebesar kurang lebih Rp 35 Juta. Jika perusahaan tersebut termasuk perusahaan bonafit, mereka bisa menggaji seorang CEO antara Rp 50 Juta - Rp 100 Juta per bulan belum fasilitas-fasilitas yang diberikan.

Penghasilan sebesar itu masih belum seberapa jika dibandingkan dengan penghasilan CEO dari perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia. Konon ada sebuah perusahaan asing yang berani memberikan gaji lebih dari Rp 100 Juta dan bahkan sampai Rp 1 Miliar per bulannya.

9.  MANAGER PEMASARAN

Pemasaran dalam sebuah perusahaan merupakan ujung tombak. Karena di tangan mereka, laku dan tidaknya sebuah produk bisa diprediksikan. Karena merekalah yang bersentuhan langsung dengan konsumen di lapangan.

Mereka selalu bermain dengan data dan survei pasar untuk menentukan target market yang tepat dan merencanakan sebuah strategi yang jitu.

Tidak heran, mereka bisa digaji sangat besar oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Seorang manager pemasaran bisa mendapatkan penghasilan kurang lebih Rp 20 Juta - Rp 60 juta.an per bulan.

Wooowww...besar sekali. Seorang manager haraus mampu mengontrol dan mengendalikan timnya untuk bekerja mencapai target tertentu. Dan pemimpin-pemimpin hebat dalam dunia korporasi konon dilahirkan dari didikan sebagai seorang marketing atau pemasaran.

10.  MANAGER KEUANGAN

Menjadi seorang manager keuangan bisa mengantongi penghasilan yang cukup tinggi. Tentunya penghasilan tinggi ini juga sepadan dengan risiko dan tanggung jawab yang mereka emban. Karena kejujuran, kaetelitian, dan ketekunan harus dia pegang.

Maka dari itu, kisaran penghasilan bagi seorang manager keuangan bisa mendapatkan Rp 20 Juta - Rp 35 Juta. Seorang financial auditor saja bisa mengantongi penghasilan sebesar Rp 30 Juta.

11.  PROGRAMMER

Jika sobat mempunyai keahlian di bidang pemrograman, sobat bisa menduduki profesi sebagai seorang IT Manager. Perkembangan dunia perekonomian saat ini adalah mengarah ke dunia digital. Para pengembang perangkat lunak atau software development saja bisa mengantongi pendapatan Rp 15 Juta - Rp 20 Juta per bulannya.

Seorang programmer di Google mereka bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta per bulannya. Dan seorang IT Manager di salah satu perusahaan provider bisa mengantongi penghasilan kurang lebih Rp 50 Juta per bulannya ditambah beberapa fasilitas-fasilitas penunjang jabatan.

12.  ANGGOTA LEGISLATIF

Tentunya profesi satu ini sudah tidak asing lagi ditelingan kita semua. Profesi ini bisa di duduki lintas pendidikan, kalangan dan struktur ekonomi asalkan mereka memenuhi syarat dan mempunyai massa mereka bisa menduduki profesi ini jika mampu memenangkan perolehan kursi dalam pemilihan anggota legislatif.

Tentunya besar kecil penghasilan anggota legislatif ini berbeda-beda pada setiap tingkatan daerah tingkat 1, 2 dan pusat.

Untuk penghasilan sebagai seorang anggota legislatif di pusat yakni anggota MPR-DPR bisa mendapatkan penghasilan Rp 50 Juta per bulannya. Belum rapelan uang lainnya seperti uang hadir dalam persidangan, transport kerja dan sebagainya.

Sobat berminat??? silahkan daftarkan diri sobat sebagai calon legislatif terlebih dahulu di partai-partai yang resmi disetujui mengikuti pemilu oleh KPU.


KESIMPULAN

Itulah beberapa profesi yang ada di Indonesia yang mampu mendapatkan penghasilan puluhan juta rupiah bahkan ratusan juta per bulannya. Itu saya ambil dari beberapa sumber berita dan artikel dan tentunya ini adalah kisaran rata-rata penghasilan mereka.

Ada yang mendapatkan penghasilan lebih dari itu dan ada yang dibawah kisaran tersebut. Namun, sekali lagi besar penghasilan yang mereka dapatkan juga tidak lepas dari besar tanggung jawab yang mereka korbankan.

Ada seorang praktisi bisnis mengatakan, jika Anda bekerja selama kurang lebih 10 tahun, dan penghasilan Anda masih dibawah Rp 10 Juta per bulan, pikirkanlah apakah Anda yang tidak berkembang atau perusahaan tempat Anda bekerja terlalu senang "MENGERJAI" Anda heheee....

Kata tegas yang diucapkan oleh praktisi tersebut adalah, berhentilah dan mulai bangun usaha Anda sendiri.

So... seberapa besar dan kecilnya penghasilan yang sobat terima dari profesi yang sobat tekuni, jangan lupa untuk bersyukur dan tentukan bersedekah kepada orang lain.

Besar kecilnya rasa syukur dan sedekah tidak dipandang dari besar kecilnya penghasilan sobat atau bergensinya profesi yang sobat emban.

Salam Blogger Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Ini Profesi Bergaji Tinggi di Indonesia"

Post a Comment