Inilah 5 Kebiasaan Jeff Bezos yang Membuat Dia Sukses

Siapa yang tidak mengenal Jeff Bezos??? Ya... dia adalah pendiri amazon.com perusahaan e-commerce terbesar di dunia saat ini. Kurang lebih 23 tahu yang lalu, tepatnya 5 Juli 1994, Jeff mendirikan sebuah e-commerce yang bernama amazon. Meski di awal hanya menjual buku online, namun saat ini silahkan sobat lihat sendiri, amazon sudah merupakan toko serba ada di internet.

Keberhasilan Jeff membangun amazon membuat ia menjadi seorang miliader dengan kekayaan sekitar  $65,7 Miliar atau sekitar Rp 870 Triliun. Wooowww....sungguh luar biasa banyak kekayaan dari Jeff Bezos ini.

Inilah kebiasaan yang dilakukan Jeff Bezos yang membuat dia sukses seperti sekarang ini. Sobat boleh mencontohnya dan ini gratis.

Karena orang sukses meninggalkan jejak-jejak kesuksesannya, dan jejak itu boleh ditapaki siapa saja ~ H.S
1.  Hidup hemat

Ketika mendirikan amazon pertama kalinya di garasi rumahnya, bahkan ia membuat meja dari pintu bekas untuk ia pakai bekerja. Prinsip hidup hemat ini pun ia terapkan dalam menjalankan bisnis amazonnya. Karyawan amazon harus membayar sendiri biaya parkir ketika ia membawa kendaraan saat ke kantor. Dan pada saat bepergian pun karyawan Amazon harus rela tidur satu kamar bersama rekannya.

2.  Jangan takut mengambil risiko
Sebelum merilis Amazon, Jeff sebenarnya sudah bekerja disebuah perusahaan dan mendapatkan posisi yang nyaman di sana yaitu di perusahaan financial D.E. Shaw. Dari posisinya yang nyaman ternyata tidak membuat ia betah, ia melihat potensi internet yang nantinya akan berkembang maka ia keluar dan mengembangkan Amazon.

Risiko ini ia ambil, terlepas dari sukses atau tidaknya, Jeff saat itu langsung berani untuk mengambil tindakan "ACTION".

3.  Berinovasi 


Sukses mengembangkan Amazon, ia pun melakukan inovasi lagi dengan mengembangkan start-up bisnisnya yang lain yaitu membangun fitur lelang sama yang dilakukan oleh eBay yaitu amazon Auction, meskipun kemudian ia gagal mengembangkan bisnis tersebut.

Inovasinya tidak berhenti disitu saja, ia membangun perangkat untuk membaca e-Book yang ia beri nama Kindle dan ia sukses disini, serta  ia menghadirkan layanan cloud Amazon Web Services.

Di luar Amazon, Jeff Bezos mengakuisisi perusahaan media komunikasi Amerika yang bernama The Washington Post, yang ia beli senilai $250 Juta (atau senilai Rp 1,57 Triliun). Ia pun juga mempunyai sebuah perusahaan pembuatan roket yang bernama Blue Origin.


4.  Mengambil keputusan berdasarkan data


Jeff Bezos dalam mengambil setiap keputusan selalu megnandalkan data. Saat ia mendirikan Amazon, ia menganalisis data perkembangan pengguna internet yang pada saat itu tumbuh mencapai 230.000 persen dari tahun 1993 - 1994.

Keputusan Jeff membangun dan mengembangkan Amazon karena ia melihat data perkembangan pemakai internet saat itu di Amerika dan sekitarnya. Dengan hadirnya internet, kemudahan-kemudahan akan dimiliki oleh manusia, hadirnya toko online memudahkan orang untuk membeli sesuatu tanpa ia harus pergi meninggalkan rumah.

5.  Jam tidur yang cukup


Jeff Bezos salah satu pebisnis sukses yang mengatakan bahwa kualitas tidur baik akan membantu dalam menjaga stamina tubuh. Ia harus tidur minimal selama 8 jam. Kebiasaan ini telah ia terapkan sejak ia menjadi seorang karyawan. Ia membawa sleepingbag ke kantor dan ia pakai untuk tidur disela-sela jam istirahat kerja.

Dengan terjaganya vitalitas tubuh maka segala aktivitas kita tidak akan terganggu. Kita selalu terlihat sehat bugar dan jika kita sehat, aktivitas untuk berinovasi tidak terganggu.

Salam Blogger ~ Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Kebiasaan Jeff Bezos yang Membuat Dia Sukses"

Post a Comment