Audience Network by Facebook Calon Pesaing Google Adsense

Blogging ~ Haii...sobat blogger Indonesia, salam bahagia untuk sobat semuanya. Pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang platform monetizing yang baru yang dikembangkan oleh salah satu medsos ternama yaitu Facebook. Nama programnya adalah Audience Network, ini adalah layanan periklanan yang dikembangkan oleh Facebook, sama halnya dengan layanan periklanan Google Adsense dan AdWord.

Layanan ini sebenarnya sudah lama dikeluarkan oleh Facebook mungkin kita saking sibuknya ngeblog jadi ketinggalan berita heheheee... Jika sobat ingin mendaftar sebagai publisher di Audience Network ini cukup mudah daftarnya, silahkan kunjungi halaman Facebook Developer ini. Jika sudah sobat akan diarahkan ke halaman Facebook Developer, lalu scroll ke bawah dan klik Apply Now atau Memulai.


Jika klik Memulai sobat akan dibawa ke halaman Audience Network Facebook dan klik tombol Mulai Sekarang.


Jika Sudah, maka sobat akan diarahkan ke halaman untuk pengisian ID Aplikasi.



Pembuatan App ID ini menjadi syarat utama bagi calon publisher Audience Network, intinya kita harus mempunyai App ID kemudian kita akan diminta untuk menyetujui TOS lalu pilih Get Started.

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan domain, dari menu Audience Network mobile web >> Add a Domain, kemudian masukkan nama domain yang ingin didaftarkan sampai muncul keterangan Domain Added -- awaiting ad request.


Selanjutnya buat unit iklan dengan cara pilih Create Ad Placements kemudian pilih jenis iklan banner atau native, lalu ambil kode HTML nya dan kemudian terapkan di blog sobat.

Sampai tahap ini kita hanya bisa menunggu sampai pihak dari Facebook menyetujui request kita untuk menjadi publisher di Audience Network ini. Disetujui atau tidak permohonan kita, nanti dari pihak Facebook akan mengirimkan pesan ke email kita.

Syarat Menjadi Publisher Audience Network

Audience Network  memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog kita, namun untuk menjadi partner mereka tidaklah mudah, ada beberapa persyaratan ketat yang diterapkan. Persyaratan tersebut antara lain adalah:

1.  Situs atau Blog Harus Menerapkan SDK

Apa SDK itu, SDK adalah kepanjangan dari Software Development Kit. Jadi perangkat SDK ini adalah untuk membuat software untuk membuat paket-paket tertentu. Salah satunya adalah pemrograman Aplication Programming Interface (API).

Jika situs sobat sudah menerapkan SDK maka mudah sekali untuk mengintegrasikannya ke Audience Network. Persyaratan SDK ini tidak terlalu mengikat, artinya sobat yang tidak menerapkan SDK pun bisa mendaftar, Facebook disini hanya sekedar menyarankan saja.

2.  Aplikasi Harus Ada di Google Play Store

Pada dasarnya, memonetizing di Audience Network hanya mendukung pelayanan mobile version, maka syaratnya cukup rumit. Kita setidaknya memajang aplikasi kita di Google Play Store atau App Store. Ketentuan inilah kenapa pihak Facebook menyarankan ke calon publishernya untuk menerapkan SDK dalam situsnya.

Pada dasarnya iklan Facebook ini diperuntukkan bagi layanan mobile. Maka agak sedikit rumit caranya tai tidak menutup kemungkinan untuk melakukannya.

3.  Jumlah Pengunjung 

Syarat berikutnya untuk memudahkan supaya blog atau situs sobat diterima adalah blog sobat memiliki pengunjung rata-rata 10.000 s.d 20.000 pengunjung perhari dan page view kurang lebih 20.000 s.d 30.000 ini pengalaman dari para blogger yang sudah ditermima menjadi publisher di Audience Network.


KESIMPULAN

Menjadi publisher Audience Network sebenarnya tidak sulit, setidaknya sobat memiliki syarat ke-3 tersebut silahkan untuk mencoba mendaftarkan blog sobat. Untuk syarat 1 dan 2 Facebook hanya memberikan syarat saja, tapi perlu diperhatikan jika suatu saat nanti ini menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi maka bersiap-siaplah sobat di PHK oleh Audience Network.

Untuk bergabung tidaklah susah, cukup mengunjungi Facebook Audience Network lalu buka halaman FB Developer dan buat App ID dan daftarkan domain sobat kemudian pasang iklan sementara sambil menunggu proses review dari Facebook.

Semoga Bermanfaat!!!

Salam Blogger Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Audience Network by Facebook Calon Pesaing Google Adsense"

Post a Comment