Inspirasi Sukses dari Jack Ma Founder of Alibaba

Kita mungkin sangat familiar dengan situs belanja online ALIBABA, namun mungkin diantara kita tidak tahu siapa orang dibalik kesuksesan ALIBABA???

Yaa....dia adalah Jack Ma founder dari ALIBABA. Namun, apakah kita semua mengetahui kisah perjuangan sang Jack Ma ini sebelum dia mencapai kesuksesan bersama ALIBABA? Kebanyakan kita mungkin melihat 1% kesuksesan dari Jack Ma dari pada 99% kisah perjuangan kerasnya.

Perlu kita ketahui bahwa ALIBABA saat ini adalah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok saat ini. Pada tahun lalu, Jack Ma dinyatakan sebagai orang terkaya di Tiongkok. Padahal, Ma memulai usaha dari NOL.

Banyak orang berpendapat bahwa kesuksesan Jack Ma ini adalah kebetulan saja, atau memang sebuah takdir. Waittt......jauhkan dari kata-kata tersebut. Kesuksesan Jack Ma ini tidak lepas dari kerja keras yang ia lakukan.
Baca juga:  David Karp Pemuda Dengan Kekayaan 2T

Jack Ma bukan orang pintar di bangku sekolah. Bahkan saat ia pertama kalinya mencari pekerjaan susah sekali. Saat KFC untuk pertama kalinya membuka cabang di Tiongkok, Jack Ma mencoba peruntungan dengan melamar sebagai pelayan di KFC Hangzhou, dari 24 calon karyawan yang melamar saat itu, hanya Jack Ma yang ditolak.


Kegagalan menjadi karyawan di KFC membuat Jack Ma, pemilik nama asli Ma Yun ini membuka kursus bahasa Inggris. Semasa kuliah Ma memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya dengan cara menjadi pemandu gratis untuk turis yang datang di kotanya.

Ia mendatangi hotel-hotel yang ramai dikunjungi turis-turis asing dan menawarkan jasa pemandu wisata gratis. Dari apa yang dilakukan Ma ini, ia mendapatkan sahabat dari luar negeri yang kesulitan melafalkan kata Ma Yun, sehingga kemudian ia memanggilnya dengan kata "JACK". Inilah awal mula nama Ma Yun menjadi Jack Ma yang telah menjadi brand bagi dirinya sendiri.

Jack Ma seorang yang innovatif dan kreatif, ia sosok orang yang ulet dan pekerja keras. Disaat orang sudah tak sanggup bertahan, ia menjadi pilar penopang dan penahan sehingga bisnisnya berkembang pesat dan terkenal.

Ia selalu mengatakan:
Jack Ma : Orang miskin adalah orang yang susah untuk dilayani
Kenapa dia bisa berkata begitu? Orang miskin diberi suatu peluang gratis dikira "JeBaKan", ditawari investasi kecil mereka bilang hasilnya tidak banyak. Dan... diajak investasi dengan modal besar jika ingin berpenghasilan besar mereka bilang "tidak ada duit".

Diajak untuk melakukan hal-hal baru, mereka bilang tidak mempunyai pengalaman. Diajak menjalankan bisnis tradisional mereka bilang banyak persaingannya. Diajak menjalankan suatu model bisnis baru mereka bilang ini MLM, diajak bisnis apa saja mereka bilang tidak memiliki keahlian.

Mereka memiliki kesamaan: googling, dengerin temen-temen yang hopeless. Mereka berfikir lebih banyak dari pada seorang profesor, dan bertindak lebih sedikit dari pada seorang yang buta.

Orang bermental "MISKIN" gagal karena satu kesamaan sikap:


Perlu untuk direnungkan!!! Apakah kita terus merasa hopeless tanpa membangun sebuah IMPIAN besar untuk kehidupan kita kedepan??? Janganlah kita terus berpikir melebihi seorang profesor, dan berkomentar dari A-Z melebihi seorang "komentator". Ayooo....kita mulai bertindak saat ini, sebuah perubahan tidak harus menunggu satu, dua bulan tapi... cukup satu detik saja untuk kita berubah, "MAU BERUBAH".

Sobat...seorang Jack Ma memang berbeda, bukan berbeda dari makanan atau minumannya tapi yang membedakannya adalah "ACTIONnya". Yaaa....disaat teman-temannya menunggu perubahan, ia membuat sebuah perubahan.


Kapan kita akan melakukan sebuah "ACTION" walaupun itu kecil, jika Anda melakukannya sukses atau gagal, setidaknya Anda telah berani mengambil sebuah langkah Action. Lebih baik kita gagal dalam melakukan "Action" dari pada tidak melakukan apa-apa sama sekali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspirasi Sukses dari Jack Ma Founder of Alibaba"

Post a Comment