Tips Untuk Mengambil Keputusan Cepat dan Tepat

Seoarang leader atau pemimpin biasanya sering dihadapkan pada sebuah masalah yang sangat pelik dan dibutuhkan kehati-hatian dalam memutuskannya. Maka dari itu, pengambilan keputusan yang tepat dan cepat harus menjadi keahlian seorang pemimpin. Kepekaan intuisi dan pengalaman sangat dibutuhkan dalam pengambilan sebuah keputusan secara tepat dan cepat.

Leaderhip sebenarnya berkaitan erat dengan "keberanian". Hanya orang-orang yang berani yang memiliki kepemimpinan yang berhak menyandang panggilan sebagai pemimpin. Pada denyut nadi kepemimpinan mengalir darah-darah keteladanan, kepedulian, dan pengorbanan. Tanpa pengorbanan, kepemimpinan kehilangan makna. Maka dibutuhkan keberanian untuk menunjukkan bahwa Anda peduli.

Tanpa kepedulian itu, orang tak akan peduli pula dengan kepemimpinan Anda. Dalam bahasa Inggris dikenal istilah courage (berani) dan encouragement (pengorbanan semangat). Dalam menciptakan suatu perubahan dibutuhkan pemimpin yang "berani" mengambil keputusan. Berikut ini adalah tips untuk mendorong keberanian Anda dalam mengambil keputusan.

Artikel lain : Cara Daftar Google Web Master Tools

1.  Dalam setiap kondisi apapun, yakinlah diri Anda bahwa suatu keputusan harus diambil. Selalu ada risiko dalam hidup ini, dan masa depan adalah milik mereka yang berani menghadapi persoalan dengan gagah, ketimbang mereka yang lari dan bergerilya di belakang.

2.  Biasakan dekat dengan masalah. Masalah adalah sesuatu yang harus "dihadapi" bukan untuk dihindari. Para filsuf sudah sejak dahulu kala menunjukkan bahwa masalah selalu memberikan arti bagi kehidupan.

3.  Selalu bedakan antara orang yang mempunyai masalah besar dengan orang yang membuat masalah menjadi besar.

4.  Kebanyakan dari kita sering berteriak punya masalah besar atau menuding orang lain punya masalah besar. Yang benar adalah Anda telah bereaksi secara salah terhadap suatu masalah. Dengan cara demikian, Anda telah membuat sebuah masalah "menjadi besar".

5.  Cepat selesaikan suatu masalah sebelum masalah itu tumbuh menjadi besar, menyebar ke mana-mana dan menjadi musibah.

6.  Identifikasi masalah dengna cepat. Gunakan sistem dan orang-orang yang dapat mengajari Anda. Yang Anda butuhkan bukan orang-orang penting, tetapi orang yang mau menyampaikan dengan benar.

7.  Terlibat dalam proses. Jangan berpangku tangan; menjadikan diri pemalas. Cobalah terlibat dan benamkan diri Anda dalam suatu kegiatan. Dengan berada di tengah-tengah mereka, Anda akan menjadi lebih mengerti dan lebih mudah atau berani membuat keputusan.

8.  Berpikir positif. Anda sering kali tidak perlu memperbaiki atau mengubah suatu masalah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah cara pandang atau titik persepektif di mana Anda melihat suaut masalah. Masalahnya bisa saja tetap sama, tetapi dengan berpikir positif, kata Dr. Norman Vincent Peale, Anda bisa merasakan suasana yang berbeda. Dengan suasana berbeda, Anda bisa lebih antusias. Antusiasme, kata Henry Ford, adalah modal penting untuk mengambil keputusan dan menciptakan perubahan.

Baca juga :  Cara Menyembuhkan Sakit Flu

9.  Biasakan membuat rencana tindakan (Action Plan). Salah satu masalah besar yang dihadapi manusia Indonesia adalah tidak terbiasa bekerja dengan rencana. Karena tidak terbiasa bekerja dengan rencana, para pemimpin sering kali tidak menghormati, bahkan cenderung melangkahi rencana-rencana yang dibuat oleh para pengikutnya. Mereka mengatakan, dengan rencana, pekerjaan-pekerjaannya justru terbengkalai.

Rencana tentu saja tidak berdiri sendiri. Sebuah rencana yang baik membutuhkan rencana-rencana tindakan yang dilengkapi dengan pengendalian dan back-up system. Para astronot yang membawa pesawat ulang-alik ke angkasa tahu betul betapa sulitnya para ilmuwan yang membuat pesawat tersebut dan mereka tahu pasti tidak ada suatu hal yang sempurna. Mereka bisa membuat back-up system untuk mengatasi segala masalah yang mungkin terjadi dan mampu mengambil sebuah keputusan dengan cepat.

Semakin besar perusahaan dan semakin kompleks permasalahan yang dihadapi, dibutuhkan back-up system yang memadai untuk mempercepat proses pengambilan keputusan.

Itulah beberapa tips cara pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Tips ini diambil dari buku "CHANGE!" Karangan bapak Rhenald Kasali, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi sobat blogger yang berperang menjadi seorang leader.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Untuk Mengambil Keputusan Cepat dan Tepat"