Inilah 19 Pekerjaan yang Akan Hilang di Era Milineal

Saat ini kita semua sudah memasaki era milineal dan yang mana di era ini semua serba terhubung dengan dunia digital. Di era ini perkembangan teknologi sangat pesat sekali, dan tidak dapat dipungkiri lagi, kita juga ikut merasakan keuntungan dari perkembangan teknologi sekarang ini.

terlepas kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi secara positif atau tidak, tetapi yang jelas era digital saat ini sudah berkembang dengan pesat. Terciptanya robot-robot pengganti tenaga manusia dan perkembangan teknologi paling mutakhir.

Tentunnya perkembangan teknologi ini membawa beberapa dampak atau efek juga bagi kita sebagai manusia. Efeknya dengan perkembangan teknologi saat ini adalah mengancam berbagai lini bidang pekerjaan yang digantikan dengan teknologi.

Berikut ini adalah jenis-jenis pekerjaan yang akan hilang dalam di era milineal saat ini adalah;

1.  Post Office
Peran tukang pos ini jaman dahulu sungguh luar biasa sekali. Jaman era perjuangan apalagi, mereka adalah tulang punggung perjuangan untuk menyampaikan pesan-pesan perjuangan. Namun ssaat ini, peran mereka bisa dikatakan sudah kurang dibutuhkan karena sudah digantikan dengan teknologi.

Orang sekarang tidak lagi berkirim surat dengan kertas, sekarang tinggal SMS, W.A, BBM, FB, Twitter, dan lainnya.

Untuk jasa pengiriman barang yang biasanya ditangani juga oleh tukang POS, sekarang persaingan di bisnis pingiriman barang sanga ketat sekali, mereka kalah bersaing dengan JNE, J&T, TIKI, Go-Send, Grab Deliver, FedEx, Wahana, dan sebagainya.

2.  Akuntan Keuangan

Akuntan adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan keahlian, ketekunan dan ketelitian. Akuntan sangat penting sekali peranannya dalam sebuah perusahaan, karena bagian inilah yang mampu melakukan analisis keuangan dan menyajikan data untuk menentukan kebijakan berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Seiring dengan berkembangan teknologi, manusia mampu menciptakan software untuk membuat dan membaca laporan keuangan. Software dan aplikasi keuangan ini mampu menyajikan data-data terkaitan dengan keuangan dengan sangat cepat dan akurat, dan software atau aplikasi ini lebih mudah digunakan. Sehingga lebih mempercepat untuk mengambil kebijakan yang membutuhkan dukungan data financial ini.

3.  Kasir

Beberapa tahun kedepan nanti, tenaga kasir akan digantikan oleh robot yang dirancang khusus untuk menggantikan peran atau tugas dari kasir ini.

Jika mesin kasir ini diterapkan, maka akan mengancam kelangsungan hidup petugas kasir yang berkisar kurang lebih 16 juta orang (liputan6.com). Maka dari itu, segeralah merubah cara pandang dan mencari peluang pekerjaan lain di era milineal ini, atau mengarahkan pandangan untuk menjadi wirausaha.

4.  Agen Travel

Diera digital saat ini untuk mengetahui info-info wisata baik dalam maupun luar negeri sudah sangat praktis sekali. Kita tinggal mencari informasi wisata daerah tertentu, baik dengan googling atau masuk forum seputar wisata, semua lengkap.

Dengan perkembangan ea digital ini bagi agen wisata konvensial jika tidak mengkoneksikan diri dengan perkembangan digital maka akan semakin tertinggal, bahkan lebih seremnya lagi bisa gulung ikar usahanya. Berdasarkan data yang dihimpun oleh situs wartaekonomi.co.id sebanyak 70% wisatawan dunia melakukan search and share secara digital dan 30% nya melakukan booking secara online.

5.  Teller Bank

Peran dari teller bank ini mengalami penurunan dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun. Peran ATM yang saat ini bisa dipakai untuk setor dan tarik tunai mengurangi peran dari teller bank.

Mesin atau robot pengganti teller tenaga manusia nanti akan menggantikan full peran teller ini. Dengan robot pengganti teller manusia ini lebih cepat dan praktis dan tentunya akan melayani nasabah lebih optimal lagi karena tidak akan kita temua jam istirahat teller lagi. Mereka akan full time melayani nasabah tanpa istirahat.

6.  Telemarketing

Pekerjaan berikutnya yang terancam bakal hilang dan perannya digantikan oleh teknologi robot adalah pekerjaan telemarketing. Para telemarketer harus sedini mungkin bersikap guna menghadapi perkembangan jaman di era milineal ini. Jangan pasrah dengan keadaan, berubahlah sebelum sobat dirubah oleh perubahan itu sendiri.

Terus apa yang harus dilakukan? Mulai sekarang segeralah sobat yang bekerja di telemarketing menyadari akan perkembangan teknologi yang nanti bisa menggeser peran Anda. Maka dari itu, mumpung saat ini belum banyak yang menerapkan teknologi robot marketer, sobat masih punya kesempatan untuk melakukan upgrade kemampuan sobat. Lakukan upgrade skill yang sekiranya nanti kedepan akan terpakai tidak tergerus dengan perkembangan teknologi.

7.  Pustakawan

Adanya perkembangan teknologi saat ini berpengaruh juga pada dunia percetakan. Sekarang jamannya E-Book dan harga E-Book ini lebih murah dari pada buku cetak. Jika kita beli, kita bisa menyimpan E-Book ini dalam smartphone.

Banyak juga buku-buku gratis yang bisa diunduh, dan kita menyimpannya di smartphone kita. Ini sangat praktis dan tentunya praktis.

8.  Wasit dan Hakim Garis

Perkembangan teknologi ternyata juga berdampak pada profesi wasit dan hakim garis. Dalam pertandingan sepak bola, bulu tangkis, tenis lapangan dan sebagainya sekarang menggunakan teknologi untuk membantu kinerja wasit yaitu teknologi untuk penjaga garis.

Dalam pertandingan sepak bola juga sama. Perkembangan teknologi untuk mendeteksi bola masuk ke gawang atau tidak, keluar lapangan atau tidak bisa di bantu dengan teknologi. Dan banyak ahli berpendapat bahwa peran mereka lama kelamaan nantinya akan tergusur. Dan jika itu benar maka wasit dan hakim garis tidak bisa disuap sama sekali, mosok robot mau disuap heheeee.

9.  Driver atau Supir

Perkembangan teknologi driver otomatis sudah berkembangan pesat. Seiring dengan perkembangan jaman, peran driver konvensional lama kelamaan akan berkurang. Maka dari itu, para pekerja yang berprofesi sebagai driver lama kelamaan akan tergeser dengan peran driver otomatis ini.

Walaupun saat ini baru beberapa pabrikan yang sudah mengembangkan mobil dengan driver otomatis ini, namun tidak ada salahnya jika sobat yang berperan sebagai seorang driver untuk sekarang melakukan upgrade kemampuan atau skill.

10.  Jurnalis Cetak

Baru-baru ini ada kabar bahwa koran harian Bernas sudah tidak mulai terbit lagi mulai 1 Maret 2018 karena berbagai hal, dan mereka beralih ke media elektronik yang beralamat di Bernas.Id ini menunjukkan bahwa ada pergeseran keinginan pangsa pasar pembaca yang mana mereka lebih senang untuk membaca berita di media elektronik.

Pergeseran dari media cetak ke media elektronik karena pengaruh berkembangnya teknologi. Hal ini akan menimbulkan dampak pada kehidupan para jurnalisnya. Jika mereka tidak mengikuti trend pasar yang mana mereka lebih suka untuk membaca berita online dari pada cetak maka mereka bisa kehilangan pekerjaan. Maka mereka harus sadar bahwa jaman sudah berubah dan jurnalis cetak harus belajar menjadi jurnalis online supaya mereka tidak kehilangan pekerjaannya.

11.  Penyaji Makanan

Peran pegawai penyaji makanan juga akan tergantikan oleh peran robot. Hasil perkembangan teknologi mampu menciptakan sebuah robot yang mampu menyajikan makanan dan menyajikan kepada pemesan.

12.  Petugas SPBU

Perkembangan teknologi ternyata juga berimbas kepada pegawai SPBU juga. Sekarang dalam satu SPBU mungkin bisa dijaga cukup dua orang saja, karena saat ini sudah mulai dikembangkan layanan pribadi untuk SPBU(self service).

Jika nanti lama kelamaan masyarakat sudah familiar dengan perkembangan ini, fungsi petugas nanti lebih kepada menjaga berfungsinya sistem layanan tersebut. Jika diperlukan untuk maintenance maka mereka yang bertugas untuk melakukan pengecekan dan pelaporan kepada bagian IT.

13.  Karyawan Marketing

Kegiatan marketing sangat dibantu sekali dengan adanya perkembangan teknologi. Ini berdampak sosial juga bagi para pekerjanya, karena pekerjaan mereka sudah tergantukan oleh mesin operator.

Kegiatan promosi sangat mudah sekali dengan diciptakannya program marketing seperti persado yang mampu menghasilkan pitches untuk branding, kampanye dan iklan untuk ditawarkan kepada clien sekaligus membuat email marketing.

14.  Karyawan Manufaktur

Industri-industri besar sudah menerapkan teknologi robot yang luar biasa, dan peran manusia sebatas pengontrol dan ini memberi dampak bagi karyawan yang mana tenaga kasar mereka otomatis sudah digantikan oleh tenaga robot.

Tenaga manusia jika dibandingkan dengan teknologi robot memang jauh lebih praktis dengan menggunakan teknologi robot. Dilihat dari sisi ketepatan, ketelitian dan kecepatan jelas tenaga manusia kalah, belum lagi teknologi robot ini tidak kenal lelah.

15.  Penjaga Keamanan dan Pemadam Kebakaran

Polisi robot dan pemadam kebakaran sudah diciptakan dan diuji coba di beberapa negara.  Robot polisi mampu melakukan perekaman data kejadian lebih cepat dan akurat. Robot polisi ini sudah diterapkan di Dubai, beberapa robot polisi yang akan diciptakan nanti misalkan robot polisi untuk mengontrol lalu lintas dan masih banyak lagi peran polisi robot ini.

Robot pemadam yang saat ini sudah ada di ciptakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat yang di beri nama Shipboard Autonomous Firefighting Robot (SAFFiR) dalam bentuk humanoid (seperti manusia) agar bisa leluasa menelusuri koridor sempit geladak kapal untuk terus mengawasi kebakaran.

16.  Tukang Parkir 

Profesi ini banyak ditemukan di beberapa kota, bahkan kota-kota besar masih juga banyak ditemukan orang yang berprofesi sebagai tukang parkir ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin berkembang pesat saat ini. Perkembaangan teknologi perparkiran saat ini sudah mulai menggusur profesi tukang parkir konvensional ini.

Berkembangnya e-parking yang tidakharus ditungguin oleh tukang parkir cukup dengan masuk dan pencet tombol saja. Tenaga parkir hanya dibutuhkan untuk pengecekan dokumen saja.

17.  Pertanian

Pertanian dengan teknologi canggih dan mutakhir mampu mengerjakan lahan pertanian berhektar-hektar yang mana tidak akan mampu ditangani oleh tenaga manusia. Robot penggali tanah, robot penanam, robot untuk penyemprot obat tanaman dan robot untuk memanen sudah tercipta.

Pertanian modern ini lama kelamaan akan dikuasai oleh para konglomerasi, karena untuk menciptakan teknologi pertanian yang mutakhir ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit.

18.  Pekerja Seks Komersial

Maraknya dunia prostitusi saat ini hanya tinggal menunggu waktu saja. Dengan perkembangan dunia robotik dan teknologi yang merambah ke bisnis esek-esek akan menjadi ancaman industri prostitusi konvensional.

Boneka robot yang diciptakan benar-benar mirip dengan manusia. Salah satu yang terlibat dalam industri ini adalah RealDoll dengan robot pertama yang bernama Harmony. Robot seks ini bisa berkedip dan tersenyum, mengobrol tentang film, buku, musik, berkelakar dan bahkan membaca puisi (kutipan: global.liputan6.com).

Boneka ini memiliki bentuk dan kepribadian yang beragam sesuai dengan selera pemakai. Apakah hanya diciptakan robot seks wanita saja? Oh...tentunya tidak, RealDoll juga menciptakan robot seks pria juga. Sobat mau mencoba....hehee

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi sebenarnya bukan merupakan ancaman bagi kita, tetapi kalau kita bisa menyikapi dan mencermatinya sebenarnya tercipta banyak peluang. Hanya kita mau menangkap peluang tersebut atau tidak.

So...mari kita bersama melihat peluang yang ada dengan perkembangan teknologi ini. Kita tidak bisa menghindar dari perkembangan teknologi ini, karena teknologi akan terus berkembang. Kita perlu meng-upgrade kemampuan kita dengan adanya dukungan teknologi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 19 Pekerjaan yang Akan Hilang di Era Milineal"

Post a Comment