Empat Kesalahan Dalam Memilih Usaha Franchise

Perkembangan usaha franchise di Indonesia berkembang sangat pesat sekali, baik itu usaha franchise lokal maupun asing. Menggeliatnya bisnis franchise di Indonesia berdampak positif bagi peningkatan perekonomian negara kita tercinta ini.

Perkembangan bisnis franchise atau waralaba ini dari tahun ke tahun selalu meningkat. Tercatat ada sekitar lebih dari 400 gerai waralaba asing dan lebih dari 1400 gerai waralaba lokal. Berbagai jenis pilihan waralaba ini membuat para franchisor semakin banyak pilihan usaha bisnis franchise.

Usaha franschise memang sangat menjanjikan tapi juga perlu kewaspadaan dan kehati-hatian dalam memilih bisnis franchise ini.

Berikut 4 Kesalahan dalam Usaha Franchise

1.  Kurangnya informasi bisnis
Kurang informasi yang dimaksud, bukan semata-mata franchisor benar-benar tidak tahu, tapi karena mengabaikan informasi  atau tidak mau tahu. Kesalahan awal ini bisa berakibat gagalnya pada usaha bisnis.

2.  Semua diserahkan ke franchisor
Praktik bisnis franchise masih diwarnai oleh anggapan yang salah kaprah bahwa bagi franchisee jalannya bisnis, seoenuhnya menjadi tanggung jawab franchisor.

3.  Terlalu mengikuti perasaan
Tidak sedikit franchisee yang membeli hak waralaba karena dorongan perasaan dan emosi tanpa pertimbangan rasio yang matang. Padahal, pertimbangan perasaan bisa saja membuat franchisee tidak jeli.

4.  Tidak ada kemampuan di kategori yang dipilih
Setiap franchisee memiliki karakter yang berbeda. Tidak semua bisnis bisa cocok untuk setiap orang. Karena itu, pilihan bisnis harus disesuaikan dengan karakteristik peminat. Alasannya, franchisee akan terlibat penuh dengan bisnis agar bisa sukses. Jika karakter bisnis yang dipilih cocok, maka franchisee bisa menjalani dengan enjoy.

(Majalah IdeBisnis Th.2012)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Kesalahan Dalam Memilih Usaha Franchise"

Post a Comment